Wajib Tahu, Ini Trik Agar Asi Lancar Saat Dipompa

Selain itu, daun ubi jalar tinggi akan karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan dan zat besi. Untuk menambah kualitas ASI, kamu juga disarankan mengonsumsi ubi jalar. Kandungan gizi ubi jalar lebih tinggi dari kentang, dan mengandung nutrisi yang cukup komplit seperti serat, vitamin A, zat besi, folat, vitamin C, B2, B6 dan biotin. Jangan lupa membeli ubi jalar organik ya, women untuk menjaga bayimu tetap sehat dan tidak terpapar zat kimiawi.

Untuk sahur, dr. Ameetha menyarankan untuk perbanyak sayur dan buah serta hindari goreng-gorengan. Lengkapi data dibawah ini untuk mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan Ibu dan si Kecil. Lengkapi data di bawah ini untuk mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan Ibu dan si Kecil. Selama menyusui, sebisa mungkin untuk menghindari suplemen atau obat-obatan yang diklaim dapat memperbanyak ASI, ya Mom.

Percaya atau tidak, perlekatan yang sesuai saat menyusui bisa menjadi satu dari beberapa cara untuk memperbanyak dan memperlancar produksi ASI. Maka itu, Anda bisa menggunakan pompa ASI untuk memerahnya. Simpan ASI perah tersebut untuk jadwal menyusui bayi selanjutnya agar tetap awet. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia , Anda dianjurkan untuk membangunkan bayi jika sedang tidur dan belum menyusui selama four jam. Proses ini biasa dikenal dengan nama let down reflex yang membantu merangsang kontraksi pada otot-otot payudara. Ibu yang mengalami masalah kesehatan dapat memengaruhi hormon yang berhubungan dengan keluarnya ASI.

Dipisahkan dengan bayi yang baru mereka lahirkan, dalam jangka waktu yang lama, serta stres karena kembali bekerja, menyebabkan para ibu mengalami penurunan suplai ASI. Seorang bayi yang mengantuk, atau sedang mengalami sakit kuning, tidak mampu untuk menghisap ASI dengan baik. Jika bayi Anda, mengalami gangguan tidur, selama lebih dari enam minggu, maka, bisa dipastikan, bayi Anda tidak mendapatkan ASI yang cukup.

Hal ini dikarenakan payudara secara otomatis terpancing untuk mengeluarkan banyak asi ketika terus menyusui. Sebaliknya, jika kamu jarang menyusui, maka produksi ASI pun berkurang. Jenis makanan tertentu ternyata ada yang bisa memperbanyak ASI dan ini harus banyak dikonsumsi.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pompa ASI untuk merangsang pasokan ASI. Ingat bahwa seringnya menyusui akan meningkatkan produksi ASI. Jadi, bila kita rutin menyusui setiap 2-3 jam sampai bayi kenyang, payudara akan mengirim perintah ke otak untuk memproduksi ASI sebanyak kebutuhan tersebut. Bisa meminum tambahan suplemen untuk penambah ASI seperti yang tersedia dalam bentuk teh, susu atau pil juga dapat menjadi solusi ASI lancar bagi busui. Tapi sebelum mengosumsinya, konsultasikan ke dokter kandungan/dokter anak ya Moms. Mums bisa bergantian menyusui si Kecil pada satu sisi payudara.

Tips agar ASI melimpah

Metode pijat oksitosin atau pijat punggung bermanfaat untuk memperlancar keluarnya ASI. Gerakan pijatan ini memicu hormon prolaktin dan oksitosin yang mendukung produksi ASI. Hormon oksitosin membuat payudara berkontraksi sehingga dapat melepas ASI dengan lebih lancar.

Mama harus berusaha mencari cara lain agar si Kecil bisa mendapatkan ASI yang sesuai. “Refleks oksitosin akan meningkat bila melihat, mendengar, meraba, dan mengingat bayi,” ujar dr Jeanne, dikutip dari detikcom. Karena itu kata dr Reisa, ibu menyusui sebisa mungkin nggak stres. Jika Anda menjalani operasi payudara, Anda akan memiliki risiko masalah menyusui, terutama, jika saluran yang memproduksi ASI telah rusak. Penggunaan implan atau biopsi payudara, menyebabkan lebih banyak masalah produksi ASI, dibandingkan operasi pengurangan bentuk payudara.