Sehat

Dibandingkan menyuapnya, kamu sebaiknya membuatnya menyadari kesalahannya agar dia tidak mengulanginya lagi. Jangan pernah berteriak atau memarahi anak di depan umum, terutama saat kamu bertujuan untuk mendisiplinkannya. Mempermalukan anak di depan umum sering kali menjadi bumerang. Alih-alih menanamkan perilaku yang baik, hal ini justru dapat merusak kepercayaan diri anak.

Tidak semua anak mudah untuk menghabiskan sepiring buah yang Mama hidangkan. Anak-anak biasanya suka jika makanannya disajikan dengan bentuk-bentuk tertentu di piring mereka. Biasanya si Kecil lebih suka makanan mereka tidak tercampur. Jika Anda membuat bentuk sebuah gambar hati atau wajah tersenyum, si Kecil tentu akan lebih menyukainya. Akan tetapi akan lebih baik jika si kecil mau menikmati buah dalam bentuk potongan.

Selain pasta, sayur juga bisa disajikan dengan cocolan berupa saus keju. Menurut peneliti dari Amerika, trik ini sukses membuat si kecil tertarik mencoba sayuran dan menyukainya. Buah dan sayur lebih menarik jika dibuat menjadi smoothies. Smoothies bisa dibuat dengan mencampur pisang, jus apel, wortel dengan yogurt atau susu dan es yang diblender jadi satu. The Centers for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa setengah cangkir wortel cukup untuk memenuhi asupan sayuran dalam sekali makan. Banyak anak menolak makananbaru karena mereka takut, bukan karena mereka tidak suka rasanya.

Diet nabati dapat mengatasi masalah kulit yang umum, seperti eksim dan jerawat. Puding buah menjadi salah satu alternatif yang dapat dicoba untuk mensiasati sulitnyasi kecil makan buah. Dalam membuatnya, para ibu bisa mencampurkan buah yang sudah di blender ke dalam adonan puding ataupun juga bisa dengan menambahkan potogan buah segar.

Tidak jarang, anak-anak menjadi lebih mudah untuk mencoba sesuatu yang baru, jika mereka ikut dilibatkan. Entah itu membantu mengupas, membantu memotong-motong buah, dan juga menusuk-nusukkan buah pada tusuk sate. Yang terpenting, awasi agar anak-anak tetap aman terkendali. Jumlah tersebut masih di bawah rekomendasi konsumsi sayur dan buah yang ditetapkan FAO sebesar 180,1 gram/hari/kapita. Seperti buah pisang yang ditumbuk dapat memberikan potassium yang cukup untuk perkembangan fungsi jantung dan otot bayi.

Ketika kamu membuat smoothies, kamu bisa mencampurkan berbagai jenis buah sesuai selera anak. Atau jika kamu membuat es krim, kamu bisa membuatnya dengan bahan dasar buah- buahan. Ketika orangtua ingin anaknya suka makan sayur dan buah, hal yang penting dilakukan adalah memberikan contoh untuk makan sayur dan buah. Orangtua penting mengajak anak makan sayur dan buah bersama-sama. Anak umumnya akan meniru apa yang dilakukan orangtua, termasuk meniru sikap orangtua yang suka sayur dan buah.

Kreasi unik dari buah-buahan sebenarnya termasuk beragam dan bermacam-macam rupa. Kemajuan teknologi yang begitu pesat, memungkinkan Anda dapat mengakses web dimana saja dan kapan saja. Hal ini akan membantu Anda menemukan berbagai referensi untuk kreasi resep dengan bahan utama buah dan sayur. Tak jarang ini membuat banyak orangtua akhirnya terpaksa menggunakan berbagai jalan pintas agar anaknya mau makan sayur. Misalnya mengancam anak tidak boleh bermain atau menyogok anak dengan uang, permen, serta mainan yang mereka sukai. Bahkan tak sedikit pula orangtua yang memarahi anaknya karena tidak makan sayur.

Sebaiknya, Anda segera mencari siasat supaya anak mau makan sayur dan buah. Untuk ada yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan cemilan anak, smoothies bisa jadi solusinya. Karena cara membuatnya hanya dengan mencampurkan semua bahan ke dalam blender. Nah, smoothies bisa dibuat tidak hanya dari satu bahan lho. Anda bisa mencampurkannya dengan kombinasi 2-4 bahan lainnya dari buah maupun sayuran. Hmm ini juga trik jitu untuk menyembunyikan keberadaan sayur bagi anak yang susah makan sayur.

Hal ini dapat membangkitkan selera dan keingintahuan anak untuk mengonsumsi buah. Di dalam buah-buahan terkandung banyak nutrisi yang merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Disarankan diberikan sebanyak 3 kali sehari sebagai tambahan nutrisi harian si Kecil. Kadang-kadang tidak cukup sekali atau dua kali memberi anak sayur dan buah, tapi ia belum tentu mau mengonsumsinya. Sabar dan berikan waktu bagi anak agar terbiasa mengonsumsi serat. Selain itu, jika dikonsumsi secara rutin, buah-buahan dapat membantu menghindari si kecil dari masalah pencernaan.

Cara agar anak mau makan buah

Dengan begitu, nantinya anak dapat memilih sendiri buah apa yang cocok dengan seleranya. Jika anak menyukai rasa manis dan pedas, kamu juga bisa lho menyajikan buah dalam bentuk rujak. Sementara sayur dan buah, termasuk bahan makanan kaya serat yang juga mengandung banyak gizi dan nutrisi penting untuk pertumbuhan anak-anak. Jika anak sedang tidak mau makan sayur dan buah, jangan paksa anak untuk memakannya. Memaksa anak untuk makan sayur dan buah hanya akan membuatnya trauma dan semakin membenci sayuran serta buah. Usahakan untuk menjadikan aktivitas makan sayur dan buah sebagai aktivitas yang menyenangkan buat anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *