Persiapkan Asi Berkualitas Sejak Remaja

Kontak langsung selama menyusui atau yang lebih dikenal dengan istilah pores and skin to pores and skin contact tersebut dipercaya bisa memperbanyak produksi ASI. Buah ini memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, likopen, dan fitokimia lutein yang membuat ASI berlimpah. Di mana pare memiliki khasiat untuk menurunkan kadar gula darah dan menjadi makanan antikanker. Posisi menyusui juga berpengaruh terhadap kualitas produksi ASI.

Selain mengandung protein sempurna, telur juga kaya vitamin B dan kolin yang bermanfaat bagi otak si kecil. Bagian kuning telur juga menjadi sumber alami vitamin D yang baik untuk tulang ibu dan si kecil. Dengan semua kandungan tersebut, sangat baik bagi kandungan ASI. Ibu hamil dan menyusui biasanya rentan sekali kehilangan zat besi. Di mana manfaat zat besi adalah untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Perbanyak minum air putih sejak hamil agar produksi ASI melimpah.

Cara mendapatkan ASI berkualitas

Gerakan pijatan ini memicu hormon prolaktin dan oksitosin yang mendukung produksi ASI. Hormon oksitosin membuat payudara berkontraksi sehingga dapat melepas ASI dengan lebih lancar. Tidak hanya itu, pijatan dapat pula mengurangi keluarnya hormon kortisol yang biasa dikeluarkan tubuh saat Anda mengalami stres. Dengan ditekannya hormon kortisol, pengeluaran hormon prolaktin dan oksitosin menjadi tidak terganggu. Penggunaan pil KB yang mengandung estrogen dan progesteron, dan ibu yang hamil lagi, saat masih menyusui bayinya, dapat mengganggu keseimbangan hormon, sehingga pasokan ASI menjadi berkurang.

Selain di tumis, cara memasak sayuran hijau juga bisa dikukus atau dimasak menjadi sayur bening agar kebutuhan cairan juga sekaligus dapat terpenuhi. ASI mengandung nutrisi lengkap yang tidak bisa didapatkan dari susu lain. ASI mengandung limfosit, makrofag dan antibodi yang bisa mencegah bayi dari infeksi penyakit tertentu. Oleh karena itu, Moms yang menyusui harus makan-makanan bergizi, ya, agar bisa menghasilkan ASI yang berkualitas. Jika Si Kecil minum ASI yang berkualitas biasanya akan tampak kenyang dan tertidur dengan nyenyak setelah sesi menyusui. Meskipun demikian, bayi yang rewel atau sering menangis bukan berarti karena ASI yang tidak berkualitas atau kurang.

Roti gandum mengandung asam folat, serat, dan zat besi yang baik untuk perkembangan dan kesehatan bayi dan ibu. Kacang merupakan salah satu sumber zat besi dan protein tinggi, terutama kacang yang berwarna gelap, seperti kacang hitam dan kacang merah. Ibu menyusui dianjurkan untuk mengkonsumi jenis kacang-kacangan seperti ini. Perlukah Mama menyusui makan daun katuk setiap hari supaya ASInya banyak dan lancar? Logika sederhana saya begini, daun katuk tidak tumbuh di semua belahan dunia.