Nutrisi Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Agar Kehamilan Bayi Sehat

Asam folat merupakan salah satu zat gizi penting dalam masa kehamilan, kebutuhannya meningkat dua kali lipat pada masa kehamilan. Meliputi sistem syaraf dan sel darah, folat dapat mencegah terjadinya neutral tube defect atau cacat pada otak dan tulang belakang. Ikan juga menjadi sumber protein yang sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Secara khusus ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi dan juga meningkatkan sistem sarafnya. Selain telur dan daging ikan juga sangat penting dikonsumsi setiap harinya. Jenis ikan yang cocok dikonsumsi ibu hamil seperti ikan salmon, ikan lele, ikan kembung, ikan nila.

Semakin tua usia kandungan, maka kebutuhan asupan gizi akan semakin banyak. Demikian juga dengan tepung-tepungan, gula, dan makanan kaya kalori lain, bukan menjadi bagian dari makanan sehat. Nakita.id – Selain makanan pokok, camilan juga penting dan menjadi bagian dari makanan sehat ibu hamil.

Tubuh ibu hamil akan mengalami banyak perubahan fisik dan hormon di masa kehamilan. Asupan gizi ibu hamil merupakan faktor penting untuk pemenuhan nutrisi ibu hamil atau pun untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Menurut ilmu kesehatan bahwa protein berguna untuk membentuk jaringan sel baru dalam tubuh, dan juga berfungsi untuk regenerasi sel-sel yang rusak dalam tubuh. Begitu pula dengan sang janin dalam kandungan ibu, dia sangat memerlukan protein dengan jumlah yang cukup. Protein dalam jumlah besar dapat kita dapatkan pada menu makanan yang berbahan dasar daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Selain itu, alpukat merupakan buah yang mudah diolah dalam makanan, sehingga bisa divariasikan dalam berbagai hidangan. Alpukat juga kaya lemak sehat dan lebih mengenyangkan, sehingga membantu menjaga berat badan sehat anak. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang bermanfaat dalam perkembangan otak, kulit, dan jaringan-jaringan tubuh janin. Alpukat juga kaya akan serat, asam folat, vitamin K, kalium, vitamin C, vitamin E, dan tembaga.

Mengonsumsi asparagus saat masa kehamilan membantu mencegah keguguran dan melindungi janin yang tumbuh dari cacat tabung saraf. Pisang menjadi makanan sehat untuk ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi. Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada pisang bermanfaat bagi perkembangan syaraf dan pembentukan sel darah merah pada ibu hamil. Kandungan kalium yang terdapat pada pisang juga bermanfaat dalam mengurangi risiko alami kaki bengkak yang mungkin terjadi selama trimester ketiga. Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya juga wajib mengandung asam folat. Pasalnya, asam folat menjamin terbentuknya struktur saraf yang baik di dalam tubuh janin dan bayi.

Kesadaran untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi harus semakin diperhatikan. JerukJeruk merupakan buah untuk ibu hamil yang pas untuk asupan sehari-hari. Seperti yang sudah diuraikan di atas, Asam Folat dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat. Mum bisa mengonsumsi jeruk dengan cara dimakan langsung atau dibuat menjadi jus. Pilihan lain, tambahkan jus jeruk dengan minyak zaitun sebagai saus untuk salad. Jangan lupa nikmati beragam jenis buah bersama makanan sehat lainnya untuk memastikan gizi seimbang selama kehamilan, ya.

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 esensial yang bisa membantu perkembangan otak dan mata janin. Selain itu, salmon juga merupakan sumber vitamin D yang penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dan fungsi kekebalan tubuh. Telur, ikan, dan daging adalah makanan yang wajib dikonsumsi setiap harinya.