Ibu Tidak Perlu Cemas, Ini 7 Cara Alami Memperbanyak Asi

Saat menyusui, Moms juga perlu menjaga asupan nutrisi guna menghasilkan air susu ibu alias ASI yang berkualitas untuk buah hati Anda. Ayo new Mama, saat si kecil masih di dalam kandungan perbanyak konsumsi makanan sehat untuk menstimulasi agar ASI melimpah saat si kecil lahir. Dan saat si kecil sudah lahir, maka lakukan 5 langkah di atas ya! Bayi baru lahir biasanya minum susu setiap 2-3 jam atau sebanyak 8-12 kali per hari.

Baik protein nabati dan hewani, keduanya penting untuk produksi ASI dan kesehatan ibu menyusui. Protein nabati dari kacang-kacangan, tahu, dan tempe bermanfaat sebagai antioksidan agar ibu menyusui tidak mudah terserang penyakit. Sementara protein hewani dari ikan, telur, dan daging mengandung asam amino yang mudah diproses dalam tubuh. Tidur yang teratur juga membantu meningkatkan produksi ASI. Mintalah pasangan untuk bergantian menjaga buah hati agar istirahat Anda tetap terpenuhi.

Pijat payudara ini akan sangat membantu sekali jika dilakukan sebelum dan saat memompa untuk meningkatkan kadar lemak. Pijat payudara juga tidak harus dilakukan ketika usai melahirkan saja, tapi bisa juga dimulai saat hamil untuk mengurangi rasa nyeri karena PD yang mulai membengkak. Usai melahirkan pun, pijat payudara dapat dilakukan setidaknya 2 jam setelahnya. Meluangkan waktu dengan melekatkan bayi ke tubuh kita ini juga punya efek bagus lho, mothers. Bagi si bayi tentunya akan memberikan rasa nyaman, tenang, dan terlindungi, yang pastinya akan baik sekali bagi pertumbuhan otak dan psikologisnya.

Tips agar ASI melimpah

Hal itu harus diimbangi dengan menyusui si bayi sehingga hormon prolaktin yang memproduksi ASI juga bisa tetap tinggi. Tidak benar itu kebiasaan menyusui secara terjadwal, karena itu hanya akan menghambat produksi ASI,” kata dr. Wiyarni. REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Memasuki bulan Ramadan, ibu menyusui atau mamsi sering dilanda kekhawatiran terkait kecukupan produksi ASI yang dibutuhkan si buah hati. Padahal hal ini bisa diatasi dengan melakukan sejumlah persiapan, sehingga walaupun tengah berpuasa namun kualitas dan kuantitas ASI yang diproduksi tetap terjaga.

Minta suami Anda untuk rutin memijat leher dan punggung Anda dengan posisi setengah membungkuk. Minta ia untuk memijat mulai dari bagian leher ke punggung dengan ibu jarinya. Untuk ASI lancar produksi, coba beri rangsangan pada puting dengan cara menarik lembut atau memutar perlahan. Pijatan yang membuat Anda relaks juga dapat melancarkan produksi ASI. Sedikit pijatan pada bagian punggung atas ternyata mampu melanvarnya ASI yang sudah keluar. Hal ini karena terdapat rangsangan dari belakang yang menstimulasi ASI supaya lebih lancar.

Tak jarang ada yang merasa kecewa, depresi dan berakhir memberikan susu formula untuk si Kecil. Untuk ibu baru, mungkin ketrampilan menyusui belum cukup memadai. Kesalahan posisi menyusui dapat menyebabkan proses menyusui tidak efektif sehingga ASI tidak keluar dengan lancar. Bayi baru lahir harus menyusui setidaknya selama 10 menit pada setiap sisi payudara Mums. Jika ia tertidur, cobalah membangunkannya dengan lembut untuk melanjutkan menyusui.

Banyak ahli sudah membuktikan kalau sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi selama menyusui adalah beras merah. Beras merah jauh lebih baik dari beras putih karena mengandung banyak serat. Selain itu, beras merah juga berperan penting untuk meningkatkan produksi ASI jadi lebih banyak.