Eight Suggestions Lebaran Sehat Bagi Anda Yang Sedang Hamil

Karbohidrat kompleks mengandung vitamin dan mineral serta meningkatkan asupan serat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Menurut Huliana peningkatan kebutuhan gizi untuk ibu hamil sebesar 15 %, karena dibutuhkan untuk pertumbuhan rahim, payudara, quantity darah, plasenta, air ketuban dan pertumbuhan rahim. Makanan yang dikonsumsi ibu hamil dipergunakan untuk pertumbuhan janin sebesar 40 %, sedangkan untuk memenuhi kebutuhan ibu sebesar 60 %.

Cara mengatur pola makan ibu hamil

Selain dengan obat, cara mengatasi diabetes saat hamil adalah dengan porsi makanan yang tepat. Edukator Diabetes dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia Yulia menjelaskan gejalanya ibu hamil dengan kondisi ini memiliki gula darah puasa lebih dari 124. Masa kehamilan adalah masa penting untuk pertumbuhan optimal si Kecil di dalam kandungan. Saat hamil, Bunda membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak hamil.

Namun jika Anda sudah dalam kondisi hamil, ada baiknya Anda juga melakukan konsultasi dengan dokter kandungan Anda. Saat hamil biasanya ibu akan “lapar mata” terhadap semua makanan. Makanan berlemak seperti gorengan, ati ampela, dan makanan bersantan sebaiknya dijauhi karena menjadi sumber lemak jenuh yang dapat menggagalkan food plan ibu. Agar lebih sehat, ibu bisa menggunakan minyak jagung, zaitun, atau bunga matahari untuk menggoreng atau menumis masakan. Lebih baik lagi jika makanan diolah dengan cara dikukus atau direbus. Perbanyak makan sayur dan buah selama hamil dapat menghindarkan diri dari obesitas.

Pastikan food plan atau pola makan ibu hamil mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mengatur jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dapat dilakukan dengan cara memakan makanan yang dikonsumsi secara disiplin. Ibu perlu menyiapkan menu makanan sehat dengan food plan saat hamil yang seimbang.

Biasanya saat rasa lapar tiba, ibu hamil sering punya keinginan untuk makan lebih banyak meskipun itu di luar dari jadwal sekalipun. Dengan kondisi mengunyah yang tenang akan membantu Mama dalam mengontrol rasa kenyang nih. Sebaiknya Mama mulai mengganti kebiasaan kurang sehat ini dengan pola yang lebih sehat. Ada baiknya memang Mama membatasi mengonsumsi makanan-makanan yang berkalori tinggi, terutama untuk makanan manis dan terlalu berlemak.