6 Ide Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Produk olahan susu yang dimaksud seperti yogurt, keju, mentega, minyak samin, dan yang lainnya. Selain pola makan sehat, vitamin prenatal juga perlu dikonsumsioleh ibu hamil. Pasalnya, beberapa jenis nutrisi – seperti asam folat dan zat besi – sulit di dapat dari makanan saja.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Sebab, kacang polong ini bisa terus menjaga kesehatan janin sekaligus Ibu-nya. Bahkan, kacang polong juga bisa menjaga agar berat badan bayi perfect dan tidak lemah saat proses persalinan. Saat Anda sedang hamil maka membutuhkan ekstra protein dan kalsium untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang tumbuh. Zat besi adalah mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah sebagai bagian dari hemoglobin., penting untuk mengantarkan oksigen ke semua sel dalam tubuhmu. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi karena volume darah yang meningkat.

Makanan sehat untuk ibu hamil ini pun dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, ketika dipasangkan dengan beberapa makanan kaya folat lainnya. Mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil ini dapat membatu pengurangan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Hal ini juga dapat membuat bayi yang dilahirkan terhindar dari masalah stunting di kemudian hari. Kalium yang dikandungnya juga penting untuk menjaga fungsi otot, metabolisme, dan kesehatan selama hamil. Selain itu, dapat membantu tubuh menyerap zat besi, serta menjaga gigi dan tulang agar tetap kuat dan sehat.

Selain itu, protein dapat membantu rahim dan payudara ibu hamil tumbuh. Oleh karena itu, makanan kaya protein sebaiknya dikonsumsi dua kali sehari. Untuk mendapatkan protein, wanita hamil harus mengonsumsi daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan dan lentil. Artinya, wanita hamil membutuhkan tambahan protein, vitamin, dan mineral. Selama trimester kedua, tubuh ibu hamil membutuhkan tambahan 300 hingga 500 kalori untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Alpukat kaya akan serat yang baik untuk pencernaan, vitamin yang penting untuk pertumbuhan, serta potasium yang membantu menjaga fungsi organ, sel, dan jaringan.

Meski berpuasa, ibu hamil juga membutuhkan asupan kalsium yang cukup. Hal ini bisa didapatkan dari berbagai makanan yang dikonsumsi, seperti ikan, yoghurt, susu, dan keju. Bisa memengaruhi perkembangan otak dan sistem saraf bayi, serta berpengaruh pada penglihatan, serta perkembangan motorik sensorik dan kognitif seorang anak. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, perlu diperhatikan untuk keamanan makanan.