5 Strategi Jitu Agar Anak Mau Makan Sayur

Psikolog Arizona State University Elizabeth Capaldi-Phillips dan timnya telah mensurvei orang tua dari 29 anak berusia 3-5 tahun. Masih banyak anak-anak yang enggan atau sama sekali menolak, menyantap sayur dan buah. Mereka menjadi ‘pemilih makanan’ dan hanya mau memakan yang disukai. Padahal, anak-anak membutuhkan beragam jenis sayur dan buah setiap hari guna menunjang kebutuhan tubuh dan aktivitas hariannya.

Serat berikatan dengan mineral, termasuk kalsium, magnesium, seng, dan zat besi. Dan karena kekurangan serat bertampak buruk terhadap kesehatan, bukan hanya mengakibatkan masalah pencernaan hadir sebagai solusi. Selain kaya akan vitamin, Ivenet Bebe Puree juga kaya akan serat, sehingga baik untuk pencernaan si Kecil. Melibatkan anak pada proses kegiatan sehari-hari ini banyak banget manfaatnya. Saya nggak segan, meskipun anak saya laki-laki tapi saya ajak dia mengenal dunia sayuran dan masak-memasak.

Jika sudah terbiasa, maka ENDEUSiast bisa perlahan-lahan untuk langsung minum jus sayuran tanpa bahan campuran apapun. Kandungan nutrisi yang didapat pun murni dari sayuran itu sendiri. Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat.

Nyatanya, tidak semua anak suka memakan sayur dan buah-buahan. Dan tidak jarang juga, orang tua sampai-sampai harus memaksa anak untuk menelan kedua sumber vitamin dan mineral. Tapi, ada beberapa cara unik yang bisa Anda lakukan agar seluruh anggota keluarga lebih tertarik terhadap sayur dan buah-buahan. Wajar kok, Bu, mengingat anak butuh asupan zat gizi yang terkandung dalam sayuran. Oleh karena itu, saat anak tidak suka makan sayur, tentu harus ada trik yang dilakukan. Selain mendapatkan contoh mengonsumsi sayur setiap hari dari kedua orangtuanya, Ibu bisa melakukan trik berikut.

Ibu harus pintar mengolah sajian makanan yang mengandung sayur. Berikan bayam dan jenis sayuran lainnya di dalam ramen, mie, maupun saus spaghetti yang Ibu buat. Smoothies bisa dibuat dengan mencampur pisang, jus apel, wortel dengan yogurt atau susu dan es yang diblender jadi satu. The Centers for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa setengah cangkir wortel cukup untuk memenuhi asupan sayuran dalam sekali makan.

Untuk anak-anak yang masih belajar untuk menyukai rasa sayuran, satu sendok bisa terasa seperti piring. Jadi, ketika Anda menyajikan sayuran baru untuk anak-anak, memintanya untuk setidaknya mencoba sesuap. Jika direbus atau di kukus sayuran terasa terlalu hambar, cobalah untuk melayani dengan saus, seperti salsa, hummus, salad dressing, guacamole rendah lemak, atau yogurt. Sajikan saus dalam wadah kecil dan jumlah sedikit dan biarkan anak Anda memilih dip saus adalah tempat paling dia suka.

Jadi dia mengganti nama sayurnya dengan nama-nama makanan yang disukai oleh anaknya. Jika anak susah makan sayur, jangan lantas menggunakan cara-cara “licik” untuk memaksa anak makan sayur. Kedekatan antara anak dan orang tua dapat dibangun melalui cerita. Memberikan dongeng bisa menjadi salah satu jalan bagi orang tua untuk mengenalkan anak pada banyak hal baik. Sebagai contoh agar anak suka makan sayur, Anda bisa bercerita dengan tokohnya adalah sayuran dan manfaat saat mengkonsumsinya.

Cara agar anak mau makan sayur

Salah satu penyebab anak susah makan buah adalah karena mereka tidak tertarik dengan potongan buah yang biasa-biasa saja. Jadi, mengkreasikan tampilan buah dan sayur dengan bentuk yang unik dapat membuat anak lebih tertarik. Oleh karena itu, Anda perlu belajar untuk menghidangkan potongan buah dengan bentuk yang cukup unik. Semoga solusi ini dapat membuat si kecil menjadi lebih suka dengan sayuran, sebab ada banyak manfaat yang bisa anak dapatkan dari sayuran. Menjelaskan pada anak mengenai manfaat sayur untuk kesehatan tubuhnya juga bisa jadi salah satu cara mengatasi anak susah makan sayur. Hal ini penting dilakukan agar anak mengerti apa saja manfaat makan sayur.

Maka dari itu anda harus menjadi contoh yang baik untuk anak. Tentunya akan sulit apabila anda menyuruh anak makan sayur namun anda sendiri tidak menyukainya. Selain itu, anda bisa mencoba ide baru dengan menyajikan makanan seunik mungkin. Jika begitu motivasi anak makan sayur hanya karena ancaman dan sogokan. Sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Namun, entah kenapa kebanyakan anak susah untuk makan sayur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *