12 Cara Ampuh Memperbanyak Asi Secara Alami

Sayangnya, dari jumlah kelahiran bayi per tahun tadi, lebih dari setengahnya belum memperoleh hak untuk mendapatkan ASI eksklusif. Hal ini berdasarkan hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia yang digelar Kementerian Kesehatan pada 2017. Dari SDKI itu diketahui bahwa bayi usia kurang dari enam bulan yang mendapatkan ASI eksklusif itu mencapai 52 persen. Agar lebih mudah dan lancar, ibu sebaiknya mengatur waktu pemberian ASI eksklusif dan lanjutan setiap hari. Bila bekerja, ibu mungkin dapat memberikan ASI pada pagi sebelum berangkat dan sore atau malam setelah pulang.

Daun torbangun sebenarnya sejak dulu telah dikonsumsi para ibu melahirkan di daerah Toba, Sumatra Utara. Tumbuhan yang satu ini berkhasiat meningkatkan hormon-hormon menyusui, seperti prolactin dan oksitosin. Kacang almon memiliki kandungan asam amino esensial, asam folat, vitamin, serta antioksidan. Selain itu, susu almon ini memiliki sixteen varian rasa yang dijamin tidak akan membuat Anda bosan.

Perlu Mums ketahui, produksi ASI akan meningkat ketika pukul 2-5 pagi. Apabila memungkinkan, Mums bisa memompa ASI pada waktu-waktu tersebut. Untuk mengonsumsinya, sebaiknya terlebih dahulu kacang hijau direndam selama 24 hingga 48 jam. Namun bila menggunakan air hangat, cukup direndam selama 1 jam, dan ditambah sedikit garam. Bila telah mengapung dan sebagian terkelupas, maka kacang hijau siap untuk diolah menjadi makanan apa pun.

Nah, selain konsumsi makanan yang mengandung protein agar bayi gemuk dan cerdas, maka ibu menyusui perlu konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dan kalsium. Konsumsi zat besi dan kalsium akan menambah energi ibu yang banyak melakukan aktivitas dan menjaga tulang agar tidak cepat osteoporosis. Sedangkan bagi bayi, zat besi dan kalsium membantu meningkatkan semangat dan energi pula, serta membantu pertumbuhan tulang dan giginya agar lebih kuat. Bayam adalah jenis sayuran berdaun hijau yang wajib kamu konsumsi selama menyusui.

Kalau bayi melepaskan payudara dengan sendirinya ketika kenyang, berarti dia cukup minum ASI. Karena itu, waktu itu saya berprinsip “Kalau bayi menangis, sodorkanlah payudara“, Jika prinsip dasar di atas dilakukan, kekuatiran anda boleh berkurang. Tidak perlu stress takut kurang susu jika anda membiarkan bayi anda menghisap payudara sesering yang dia mau. Lihatlah perkembangan bayi, apabila BB bayi sejak hari ke-4 tidak bertambah dan bayi sering rewel. Pergilah segera dengan membawa bayi anda ke klinik laktasi terdekat untuk mendapatkan konsultasi manajemen laktasi. Sekali lagi, lihatlah perkembangan bayi dahulu, apakah ia menerima cukup ASI.

Cara mendapatkan ASI berkualitas

Kurangnya asupan cairan bisa mungkin mempengaruhi produksi ASI yang ibu hasilkan. Hal ini pun akan mungkin membuat ibu menyusui mengalami dehidrasi yang berat. Kalium juga meningkatkan perasaan nyaman sehingga mencegah depresi. Bahkan, saat bayimu sudah bisa mengonsumsi makanan padat, pepaya juga bisa dijadikan MPASI untuk membantu perkembangan mata dan motorik halus bayi. Metode pijat oksitosin atau pijat punggung bermanfaat untuk memperlancar keluarnya ASI.

Kurma juga mengandung asam amino esensial trytophan yang menunjang cara kerja hormon serotonin untuk menurunkan hormon dopamin. Jika hormon dopamin ini menurun, maka hormon prolaktin yang membantu meningkatkan produksi ASI akan bertambah. Pare juga meningkatkan kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah bagi bayi–dan kamu tidak perlu khawatir ASI jadi pahit jika makan pare, kok.