10 Ideas Mencegah Ibu Hamil Stres Selama Pandemi Covid

Kecemasan pada ibu hamil dapat memengaruhi kehamilan seperti persalinan preterm, pertumbuhan janin terhambat, dan perkembangan saraf dan perilaku yang buruk. Salah satu instrumen untuk mengukur tingkat kecemasan adalah kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HAM-A) yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Program pemberian TTD ibu hamil tetap dilaksanakan saat pemeriksaan kehamilan di Fasyankes sesuai jadwal kunjungan dan/ atau melalui kunjungan rumah. Kunjungan rumah diprioritaskan untuk ibu hamil yang berisiko anemia dan belum mendapatkan TTD.

Kondisi ini membuat seluruh masyarakat di tanah air wajib waspada. Setiap individu memiliki tanggung jawab terhadap orang lain, dengan tidak ikut menyebarkan virus Corona. Siapa saja dengan imunitas yang rendah dan penyakit penyerta dapat terpapar virus ini, termasuk ibu hamil, ibu menyusui, serta bayi dan anak-anak. Bahkan dari jumlah pasien terdata terakhir, terdapat dua balita yang terpapar virus ini. Maka dari itu, selain dengan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih untuk menambah perlindungan.

Cara agar terhindar covid bagi ibu hamil

Ini termasuk antenatal, newborn, postnatal, intrapartum dan perawatan kesehatan mental. Biasakan mencuci tangan pakai sabun setelah dari luar rumah atau sebelum masuk sekolah dan tempat lain. Selain itu, penting untuk menerapkan 3M sebagaimana dianjurkan pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan. Dokter Gaga menyarankan agar orang mengalami obesitas harus menjaga gaya hidup dan pola makan sehat. Caranya, dengan menghindari gula dalam makanan, permen, cokelat, kecuali pada bumbu masakan. Selain makanan manis, makanan yang dbuat dari tepung terigu, kanji, atau tepung beras pun dihindari.

Kunyit bisa mencegah kehilangan nafsu makan, diare, perut kembung. Sedangkan temulawak mengandung zat kurkumin sebagai antiinflamasi yang menghambat peradangan, seperti di tenggorakan. Perlu diketahui, sebelum virus corona menyerang saluran nafas, virus akan bertahan di tenggorakan hingga hari keempat-kelima. Hentikan kebiasaanmu merokok sekarang juga untuk mengurangi potensi infeksivirus corona.

Apabila diketahui lebih awal, maka dokter dapat merekomendasikan perawatan terbaik bagi pasien untuk mencegah paparan virus tersebut lebih jauh. Wanita hamil harus tetap makan makanan bergizi, cukup minum, dan mengunjungi bidan secara teratur. Hindari menyentuh wajah karena mulut, hidung, dan mata adalah pintu masuk virus. Ibu hamil perlu lebih waspada terhadap COVID-19, karena infeksi virus Corona pada ibu hamil bisa menyebabkan gejala dan dampak yang berat, baik untuk ibu maupun janin.