10 Cara Agar Asi Melimpah Dan Baby Bahagia

Jangan lupa untuk memantau kondisi kesehatanmu secara rutin ya, Gengs! Melalui buku kesehatan, Kamu dapat menghitung kalori harian, cek IMT, masa subur wanita, hingga prediksi kelahiran si Bayi. Sudah pernah mendengar atau melihat sosok tanaman bernama Bangun-bangun? Daun dari tanaman ini sudah sejak lama dikonsumsi para ibu menyusui di daerah Tapanuli, Sumatera Utara.

Ini berfungsi untuk mengaktifkan sistem kekebalan dan mengembangkan serta melindungi neuron di otaknya. Ini termasuk sel darah putih yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, serta sel induk yang dapat membantu organ tubuh lainnya berkembang dan sembuh dari masalah tertentu. Perlu untuk diketahui, apa yang dikonsumsi oleh ibu menyusui cukup memberi pengaruh pada ASI yang dihasilkan lho, Bunda. Apabila ibu menyusui tidak memiliki energi dan nutrisi yang cukup serta diperlukan, dapat menyebabkan malnutrisi, sehingga akan memengaruhi kualitas ASI. Karnitin dalam kandungan ASI memiliki kualitas dan fungsi penting untuk membangun sistem imun serta membentuk energi untuk proses metabolisme tubuh bayi.

Jangan khawatir makanan berlemak akan membuat tubuh Anda bertambah gemuk. Selama mengkonsumsinya diiringi dengan menyusui dan tetap olahraga maka tubuh tidak akan bertambah gemuk. Makanan yang mengandung lemak akan membantu tubuh menjadi gemuk proposional, sehat, dan tidak terlihat kekurangan gizi. Makanan yang berasal dari lemak alami sangat baik bagi ibu dan bayi.

Memang butuh perjuangan eksra untuk memberikan yang terbaik buat si kecil. Setelah menyusui dilap lagi dengan kapas basah hangat, dikeringkan, kemudian dioles salep khusus untuk payudara. Menurut pengalaman pribadi, obat-obatan tidak banyak berpengaruh. Saya dibelikan MOLOCO dan LACTAMOM oleh suami, masing-masing 1 dus.

Merokok dan menggunakan obat tertentu juga sangat mengganggu produksi dan kualitas ASI. Kedekatan emosi antara Mums dan si Kecil saat melakukan pores and skin to skin contact, secara tidak langsung akan memberi rangsangan ke otak dan payudara untuk memproduksi ASI lebih banyak. Selain memperbanyak ASI, terapi skin to pores and skin contact juga bisa meningkatkan bonding antara Mums dan si Kecil. Dalam program ASI eksklusif, terapi ini menjadi salah satu cara menyusui yang baik untuk si Kecil.

ASI adalah terbaik bagi buah hati, SGM sangat mendukung pemberian ASI. Saat Bunda menyusui, harap memperhatikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang. Penggunaan susu method harus sesuai dengan petunjuk dan dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Konsumsi air putih yang cukup juga membantu meningkatkan kualitas ASI. Daripada ibu mengkonsumsi minuman beralkohol, minuman berkafein, dan minuman bersoda , minum air putih lebih baik. Minuman ini tidak mempunyai pengaruh terhadap kondisi bayi secara keseluruhan, dibandingkan alkohol, kafein, dan soda.

Namun, sebelum mencoba semua ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau bidan terlebih dahulu. Bahkan tak jarang mereka membekali setiap ibu yang baru melahirkan dengan suplemen penambah ASI. Mintalah bantuan bantuan dari pasangan, teman, atau keluarga untuk mengurus keperluan sehari-hari. Jika Anda berhasil mendapatkan tidur yang cukup dan tetap santai, maka semakin baik produksi ASI baik kualitas ataupun kuantitasnya. Bahkan karena aliran dari botol dot lebih kencang dan lebih mudah keluar, maka bayi menjadi ogah ketika ditawarkan ASI langsung dari ibunya. Jika demikian, maka produksi ASI akan terus berkurang sampai akhirnya berhenti.

Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Memberikan ASI juga menjadi sarana untuk menjalin ikatan emosional antara ibu dan bayi. Inilah waktu pertama kali bagi bayi menikmati kedekatan emosional dengan orang dewasa. Nikmati momen-momen ini agar Anda dan si buah hati semakin dekat dan saling menyayangi. Oatmel juga merupakan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.

Cara mendapatkan ASI berkualitas

Saya mendapatkan informasi ini dari seorang teman di group Komunitas Ibu Menyusui. Teman-teman saya mencobanya dan ASI langsung melimpah dalam 1 hari berikutnya. Selain itu, memompa dapat mengosongkan ASI yang tidak dihabiskan bayi sehingga payudara memproduksi ASI kembali untuk mengganti ASI yang sudah keluar. Anda tidak perlu khawatir, ASI yang tampak encer bukan berarti tidak berkualitas.