Yuk, Belajar Mengatur Keuangan Sejak Dini

Coba deh baca ya, kamu akan mendapatkan insight yang banyak untuk berupaya mengembangkan bisnismu, apa pun itu. Lakukan riset untuk merumuskan tujuan bisnis, target pasar, dan kompetitor. Kamu bisa juga menanyakan pendapat dosen untuk memantapkan langkahmu menuju bisnis yang lebih besar. Anda juga harus bisa menerima perintah anak jika mendapat tugas mengepel lantai. Bahas dengan mereka apa yang membuat mereka gagal dan tanyakan bagaimana hal tersebut tidak terjadi lagi nantinya. Selanjutnya ajarkan logika bagaimana bisa mendapatkan keuntungan dari usaha terebut.

Ada artikel populer pada Thrillist yang menjadi viral di tahun lalu dengan memberikan daftar alasan mengapa Anda harus keluar dari pekerjaan mereka dan melakukan perjalanan di usia 20an. Namun, saya mengatakan kepada Anda bahwa Anda tidak perlu keluar dari pekerjaan dan menghabiskan uang Anda untuk keliling dunia. Anda dapat melakukannya sebagai pengusaha yang menjalankan bisnis online.

Hal ini nantinya bisa sangat membantu kamu untuk mengidentifikasi pengeluaran dan pemasukan perusahaan secara rutin. Prinsipnya harus selalu ada uang tunai yang cukup ketika memulai usaha, menyisihkan sebagian profit untuk antisipasi biaya tak terduga, dan tidak menggunakan uang modal untuk keperluan pribadi. Setiap contoh proposal usaha kerajinan pasti memiliki yang namanya anggaran usaha. Anggaran ini tentu digunakan untuk mengetahui berapa saja finances yang akan dikeluarkan oleh perusahaan terhadap produk tersebut. Sebelum ada web dan ecommerce, sangat sulit bagi seseorang pada usia 20an untuk memulai bisnis. Pinjaman financial institution dan jaminan properti tidak dapat diakses dengan mudah oleh calon pengusaha mudah.

“Dengan kreativitas anak bisa menciptakan dari yang tidak ada menjadi ada,” jelasnya. Untuk bisa kreatif, anak harus tumbuh dalam suasana yang aman dan bebas secara psikologis. Aman berarti anak tidak banyak dicela atau dikritik berlebihan oleh orangtuanya. Bebas dalam arti anak diberi kesempatan untuk melontarkan ide, membuat terobosan baru. Faktor apa yang menggerakkan orang-orang untuk memiliki usaha sendiri. Pertanyaaan ini kerap muncul ketika kesuksesan di ekspos media.

Merintis usaha sedari dini

Terlebih, setelah saya lihat di Indonesia juga belum banyak buku-buku cerita anak yang sesuai dengan perkembangannya atau memiliki fitur-fitur yang menarik. Urbanloka.com – Banyak cerita pengusaha yang memulai bisnisnya dari nol kemudian berkembang dan sukses membangun bisnis yang besar. Hal pertama dan terpenting saat memulai usaha adalah dengan membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas dan inovasi bisnis di dalamnya.

Nggak ada satu pengusaha pun yang ingin mengalami kendala dalam berbisnis. Tapi, kendala dan hambatan merupakan hal mutlak yang pasti terjadi dalam segala aspek kehidupan, termasuk bisnis. Kalau tidak ada tantangan yang menghadang, bisnismu bisa-bisa hanya akan jalan di tempat.

Larry Page percaya bahwa jika tiap karyawan bekerjasama hanya untuk memuaskan/memenuhi kebutuhan diri sendiri, mungkin saja perusahaan dapat mencapai stage terentu. Di Google, Larry Page selalu berusaha untuk membuat karyawan merasa dihargai, diperhatikan, dan dimanusiakan. Karena itu, dalam berbisnis, cobalah untuk selalu memikirkan apa pembeda anda dengan pesaing anda yang bisa menjadi nilai tambah produk anda di mata pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *