Trik Sukses Kuliah Sambil Kerja Agar Berjalan Lancar

Ternyata setelah lulus, syarat seorang reporter minimal haruslah mempunyai gelar S1. Pupuslah harapan saya menjadi seorang reporter dengan modal ijazah D3. Beberapa teman yang baru menyelesaikan pendidikan S1-nya pun mengeluhkan betapa sulitnya mendapatkan pekerjaan impian. Selain terbentur masalah serangkaian tes masuk kerja yang amat berat, posisi dan gaji yang ditawarkan pun seringkali tidak sesuai dengan keinginan. jauh dari lokasi kerja, terutama jika kamu menggunakan metode perkuliahan reguler sore maupun program kuliah kelas karyawan yang memerlukan kegiatan tatap muka di kelas.

Jika berpijak dari ketentuan Undang-Undang No. 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Artinya adalah psikotes yang diselenggarakan untuk seleksi masuk kuliah atau penerimaan mahasiswa baru di kampus-kampus. Psikotes di gunakan untuk seleksi masuk sekolah dan juga melamar pekerjaan, sehingga timbul istilah psikotes sma, psikotes kerja, psikotes masuk kuliah dan lain-lain. Cuti karena sakit atau alasan lain sesuai peraturan perguruan tinggi diperkenankan dan hal ini tidak akan menambah durasi maksimal pemberian bantuan. Penerima KIP-Kuliah dengan standing cuti dapat ditetapkan dengan ketentuan biaya yang disalurkan hanya biaya penyelenggaraan pendidikan.

Perlu diketahui, menjalankan keduanya secara bersamaan tidaklah mudah tetapi juga tidak sesulit yang kamu kira kalau kamu menerapkan manajemen waktu yang baik. Sementara untuk kamu yang kuliah dengan jam common apalagi di Universitas Negeri, maka jadwal bekerjalah yang seharusnya menyesuaikan dengan jadwal kuliah kamu agar keduanya bisa berjalan dengan lancar. Ketika memutuskan untuk kuliah sambil kerja, ini adalah pilihan. KOMPAS.com – Bagi kamu yang saat ini berencana kuliah tapi memiliki keterbatasan ekonomi, tidak usah khawatir. Selain bisa mencari beasiswa, kamu juga bisa kuliah sambil kerja. Anda pun akan dituntut untuk bisa belajar dengan cara yang efektif, efisien, dan konsisten.

Hmm, kalau kamu hanya menghabiskan tanpa menjalaninya, pasti, hal yang terpikir olehmu merupakan hal-hal yang nggak jauh dari paragraf di atas. Ada juga, gaes, yang memiliki jadwal yang berbeda, misalnya, pada pagi hingga sore hari, di hari Senin hingga Jumat, kamu gunakan untuk bekerja. Namun, pada hari Sabtu dan Minggu pun kamu harus berangkat pergi ke kampus untuk berkuliah. Bisa dibilang waktumu penuh dengan jadwal bekerja dan berkuliah dari hari Senin hingga Minggu. Menjaga konsistensi agar aktifitas harianmu sesuai planning, bukan tanpa kendala.

Atur ulang jadwal yang telah dimiliki dan sediakan 2-3 jam per hari sebagai komitmen untuk belajar setiap hari. Anggaplah hal tersebut seperti pekerjaan rumah yang wajib dilakukan. Kamu ingin menempuh pendidikan tinggi, tetapi ekonomi terbatas?

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Namun, biasanya untuk Anda yang bekerja dengan jam karyawan pasti akan memprioritaskan pekerjaan terlebih dahulu sehingga Anda mengambil kuliah setelah jam pulang kerja atau Sabtu Minggu. Tak perlu khawatir, Rogers juga membagikan ideas dan trik yang biasa ia terapkan untuk mengatur agar kuliah dan kerja paruh waktunya bisa berjalan beriringan. Jangan sepelekan waktu tidur Anda dengan melakukan berbagai hal yang tidak berguna, semisal begadang yang tak ada artinya atau berselancar di dunia maya hingga pagi. Dan sejumlah aktivitas yang mau Anda lakukan pada pagi hari juga jadi terganggu.

Namun, hal ini bisa menjadi masalah yang besar jika keduanya tidak dilakukan dengan baik dan benar. Kewajiban dan tugas-tugas pekerjaan dan perkuliahan harus kamu jalankan secara seimbang. Maka dari itu, berikut ini adalah cara-cara efektif yang bisa kamu lakukan ketika menjalani kerja sambil kuliah. Mitha, mahasiswa kedokteran Atmajaya, Serpong, pernah kesulitan mengikuti satu semester karena sempat melakoni bisnis jastip. “Bisnis lagi kebanjiran order, aku ‘ketagihan’ untuk makin sering open jastip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *