Tips Cerdas Mengatasi Balita Susah Makan

Maka, ia akan mencontoh kebiasaan orang tuanya yang makan makanan sehat dan mengenal bahan makanan. Padahal, mengatasi anak susah makan dengan memaksanya menghabiskan makanan tidak membuat nafsu makan anak bertambah. Penyebab sulit makan sangat bervariasi antara lain penyakit/kelainan organik yang mendasari, interaksi biologis dan faktor lingkungan terutama keluarga. Perilaku orang tua memegang peranan paling penting dalam praktik pemberian makan pada anak. Hal ini dipengaruhi oleh latar belakang sosial budaya serta adat istiadat orangtua/keluarga itu sendiri.

Cara agar anak mau makan banyak

; Mengajak serta anak saat menyiapkan buah dan sayuran agar anak lebih tertarik untuk mencoba makan buah dan sayuran. Jika akan bepergian, Bunda bisa membawa bekal makan dari rumah yang dimasukkan dalam kotak pendingin agar jadwal makan anak tetap lancar. Tips ini untuk mengantisipasi atau menghindari makanan cepat saji kurang menyehatkan. Yogurt dapat menjadi alternatif snack yang sehat, bahkan bisa jadi bagian dari menu sarapan. Selain itu ibu juga bisa memberikan yogurt yang dicampur dengan irisan buah-buahan. Yogurt juga mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan si kecil.

Sebaiknya, jangan pernah memaksa bayi untuk makan melainkan Moms harus mencari cara kreatif agar jadwal makan bayi tetap terlaksana dengan baik. Pada usia ini, bayi sering memegang makanan sendiri, maka dapat diberikan biskuit atau pisang . • Perhatikan makanan yang disukai anak dan kombinasikan dengan menu keluarga. Kesulitan makan merupakan masalah individu anak, sehingga upaya untuk mengatasinya juga bersifat individual.

Nah, Moms bisa mencobanya dengan memberikan nama yang menarik pada makanan tersebut. Kekurangan zinc dapat menghilangkan nafsu makan, penurunan berat badan, diare, dan rentan terkena infeksi penyakit. Pada awal usia balita, gigi sudah mulai tumbuh sampai pada usia 2,5 tahun, sehingga anak dapat mengunyah makanan lebih baik lagi. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, dalam penyajian makanan perlu dilakukan pemilihan makanan yang bertekstur lembut, potongannya kecil, bentuk menarik dan bervariasi.

Yakni tergantung kepada beratnya dan faktor-faktor yang menjadi penyebab sulit makan. Anda bisa meminta anak untuk mengocok telur, menuangkan kecap, atau kegiatan lain yang masih aman dilakukan sesuai dengan usia anak. Maraknya berita tentang jaringan pedofilia di Facebook tentunya membuat orang tua khawatir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *