Tiga Makanan Untuk Memperbanyak Asi

Sejak masa kehamilan Ibu harus mempunyai niat untuk memberikan ASI eksklusif. Jangan sampai Ibu menyesal di kemudian hari karena tidak memberikan ASI. Berikut adalah sejumlah tindakan yang perlu dilakukan oleh ibu agar ASI berkualitas dan lancar, simak pembahasannya di bawah ini. Selain itu, mommy juga bisa mengkonsumsi sereal gandum utuh untuk sarapan. Selain sebagai sumber energi untuk memulai hari, makanan ini juga banyak mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan Mommy. Pare dapat meningkatkan produksi ASI dan juga menjaga ibu menyusui tetap terhidrasi dengan baik.

Asupan nutrisi yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan anak. Pastikan ibu menyusui mendapatkan dua atau lebih porsi buah/ jus setiap hari. Blueberry adalah pilihan yang sangat baik untuk membantu memenuhi kebutuhan Anda. Buah beri yang memuaskan dan lezat ini diisi dengan vitamin dan mineral yang baik untuk Anda, dan memberi Anda dosis karbohidrat yang sehat untuk menjaga tingkat energi Anda tetap tinggi.

Cara mendapatkan ASI berkualitas

Asam folat adalah nutrisi penting dalam ASI yang dibutuhkan bayi Anda untuk kesehatan yang baik, dan Anda juga harus makan cukup untuk kesejahteraan Anda sendiri. Roti dan pasta gandum yang diperkaya diperkaya dengan asam folat, dan juga memberi Anda serat dan zat besi dalam dosis yang sehat. Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak asupan cairan dibandingkan orang dewasa lainnya. Agar produksi ASI lancar, Ibu harus mengonsumsi air putih sebanyak gelas sehari.

Ikan salmon dan beberapa ikan laut lain mengandung DHA yang sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Semua ASImengandung SHA, tetapi tingkat nutrisi penting ini lebih tinggi pada ASI yang mendapat DHA lebih dari makanan ibu menyusui sehari-hari. Ciri lainnya yang menunjukkan bahwa Moms memiliki ASI yang berkualitas bisa dilihat dari grafik kenaikan berat badan Si Kecil. Jika berat badan bayi naik dengan stabil dan sesuai dengan grafik pertumbuhannya, maka Moms tidak perlu khawatir, karena Si Kecil berhasil mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Pasalnya, ASI mengandung lemak, protein, karbohidrat, vitamin dan leukosit. Semua nutrisi ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Jika pada orang dewasa, jam tidur yang cukup berkisar antara 6-8 jam per harinya, waktu tidur bayi bisa berkisar antara jam per harinya. Jika waktu tidurnya kurang, si kecil bisa sering rewel sehingga susah makan dan berdampak pada penurunan berat badan. Jika jam makannya telat, maka jam tidurnya juga akan berpengaruh. Pepaya kaya akan asam folat, vitamin A, vitamin C, dan kalium. Terdapat juga zat besi, sehingga pepaya dipercaya dapat membantu untuk memperlancar ASI.

Agar kebutuhan kalsium Anda tetap terjaga pilihlah suplemen yang mengandung kalsium dan vitamin D. Suplemen yang mengandung kalsium sangat cocok jika Anda tidak terlalu suka mengonsumsi susu berkalsium. Konsumsi kalsium juga membantu menjaga Anda dari risiko osteoporosis setelah melahirkan. Sayuran memang penting dan tak bisa tertinggal untuk kebutuhan tubuh.

Yang perlu dilakukan seorang ibu menyusui pertama harus mengonsumsi makanan yang bergizi supaya produksi ASI meningkat. Pada masa pubertas, remaja perempuan umumnya sudah mengalami menstruasi. Untuk menghindari indikasi kurang darah, mereka harus mengonsumsi zat besi. Sebab, kekurangan darah tidak hanya mengganggu aktivitas, tetapi juga pertumbuhan yang memengaruhi masa depan. Bahkan faktanya vitamin c yang terkandung dalam buah jeruk lebih banyak dibutuhkan oleh seorang ibu yang menyusui dibandingkan pada saat hamil.

Sehingga, payudara bisa memproduksi ASI kembali untuk menggantikan ASI yang sudah keluar. Nah, KB dengan menggunakan pil mini, bisa jadi pilihan KB yang tepat untuk ibu menyusui. Namun, jika Anda tidak ingin menyangkut ke hormon, Anda bisa menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom. Nah, buat para ibu yang merasa produksi ASI nya masih dalam batas regular atau malah kurang, berikut cara meningkatkan produksi ASI secara alami, dengan cepat. Kalau bayi cukup banyak berak dan pipis, berarti dia cukup minum ASI.