Pentingnya Mengerjakan Tugas Kuliah Tepat Waktu

Pilihlah kelas karyawan dengan jurusan yang sesuai dengan minatmu. Jika belum memiliki bayangan mana universitas yang harus dimasuiki, kamu bisa bertanya pada teman yang kuliah sambil kerja. Mencari informasinya sendiri lewat web juga bisa dilakukan karena sekarang sudah banyak universitas yang membuka pendaftaran secara on-line. Saat kamu kuliah sambil kerja, otomatis waktu yang dimiliki pun akan terbatas. Jika salah mengatur waktu, bisa-bisa tugas dan pekerjaanmu tidak akan terselesaikan.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Selain itu, pastikan untuk membagi waktu antara waktu pekerjaan dan tugas-tugas kuliah yang seringkali sifatnya tak terduga. Ketika kamu mengambil kuliah sambil kerja, konsekuensinya adalah waktu luang yang akan semakin terbatas. Untuk mengatur waktu, tetapkanlah skala prioritas kegiatan apa yang tak terlalu mendesak untuk dilakukan seperti mengurangi waktu liburan. Bagi kamu yang mengambil kelas kuliah sambil kerja, pastikan untuk bisa mengatur waktu di antara keduanya. Jangan sampai jadwal perkuliahan bentrok dengan pekerjaan di kantor.

Mengikuti daftar prioritas sebagai jadwal bisa membantumu mengelola stres dan mengerjakan banyak tugas sekaligus. Para stakeholders, teman, keluarga, hingga mitra bisnis dan pelanggan, bahkan dosen pasti berlomba-lomba mendapatkan waktu kamu. Ini tidak mudah untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan, kehidupan pribadi, dan kuliah. Ketika kamu sudah memiliki jadwal untuk setiap aktivitas perkuliahan online kamu, sehingganya kamu bisa mengetahui waktu luang yang dimiliki. Nah, ketika ada waktu luang ini gunakanlah untuk aktivitas bermanfaat seperti berinovasi dengan hal baru, membaca buku, membantu orang tua serta tetap berkomunikasi baik dengan keluarga.

Tanpa jam masuk sekolah di pagi hari, kita dapat dengan mudah tidur larut malam – bahkan menjelang pagi. Entah belajar, mengerjakan tugas, menonton drama secara maraton, atau bermain game, apapun yang kita kerjakan di malam hari membuat kita bangun lebih siang keesokan paginya. Tips yang pertama kamu bisa memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kamu saat kuliah. Dengan adanya kesamaan antara pekerjaan dan bidang keilmuan yang kamu tekuni di kampus akan membuat pekerjaan kamu terasa lebih mudah karena kamu cukup menguasainya. Bisa saja hal-hal yang kamu pelajari saat bekerja merupakan pengetahuan baru yang tak kamu temukan di bangku kuliah. Cukup banyak juga mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yang mampu berprestasi di tempa kerja juga di tempat mereka kuliah.

Anda juga harus fokus dalam menjalani semuanya jangan sampai terpecah salah satunya. Apabila Anda sedang berada ditempat kerja jangan sekali-kali untuk mengerjakan tuga kuliah begitu pula sebaliknya. Dengan cara fokus inilah Anda bisa menjalani semuanya dengan lebih maksimal dan lebih bersikap profesional. Jangan mencampur adukkan semuanya menjadi satu dan Anda pun harus pandai dalam membagi fokus yang dikerjakan.

Alternatif lain, cobalah untuk mendaftar pekerjaan freelance atau online yang jam kerjanya akan jauh lebih fleksibel. Satu hal lagi yang sangat penting untuk diindahkan yaitu jangan pernah menunda-nunda untuk menyelesaikan tugas baik dari kampus maupun pekerjaan. Waktu di luar jam kerja dan kuliah juga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk beristirahat atau tidur. Mayoritas mahasiswa yang memilih kuliah sambil bekerja menggunakan penghasilan mereka untuk meringankan biaya kuliah.

KIP-Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi (lihat penjelasan Pasal seventy six UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi). Jika perselisihan itu terjadi, maka peraturan hukum di Indonesia telah mengaturnya di dalam UU No. 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial. Selain itu, hukum ketenagakerjaan juga mengatur hubungan antara tenaga kerja dengan pengusaha. Hubungan kerja terjadi karena adanya perjanjian kerja antara pengusaha dan pekerja/buruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *