Pakar Wirausaha Unair Bedah Buku Terbarunya Soal Kewirausahaan Di Period Revolusi Industri 4 0

Membuka bisnis sendiri membuat kamu bisa benar-benar dibayar sesuai dengan kemampuan. Pendapatan yang masuk ke kantungmu akan setara dengan kerasnya usahamu bekerja. Semakin keras kamu bekerja, semakin banyak pula hasil yang bisa kamu raih. Belajar usaha sedari dini ternyata tidak hanya berdampak positif secara ekonomi, tetapi juga berpengaruh pada psychological. Secara psikologis, hal tersebut rupanya mendorong seseorang untuk berpikir lebih kreatif, utamanya dalam mencari terobosan atau ide-ide baru. Selain itu, kegagalan berulang dalam selama proses usaha sendiri juga membuat psychological lebih kuat.

Merintis usaha sedari dini

​Workshop tersebut diikuti oleh 60 siswa-siswi kelas 12 jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 1 Bantul. Dalam dua tahun terakhir wirausahawan di Indonesia terus bertumbuh. Pemerintah saat ini tengah melakukan berbagai upaya untuk menumbuhkan minat masyarakat berwirausaha. SMK menjadi ladang subur bagi calon pengusaha untuk berproses dan mengasah kemampuan. Mempunyai sebuah mimpi atau rencana hidup yang sangat indah tidaklah salah. Berawal dari sebuah mimpi atau rencana bisa saja diwujudkan menjadi kenyataan.

Anda hanya membutuhkan modal yang sangat kecil, Anda tidak membutuhkan tempat dan bahkan toko, jika Anda tidak memiliki keahlian dalam membuat website, Anda bisa meminta orang lain untuk mengerjakannya. Jika Anda bisa sukses memanfaatkan web site untuk menjalankan bisnis Anda, Anda bisa kaya mendadak. Tanamkan pada anak bahwa setiap aktivitas, setiap bisnis yang sukses sebaiknya bisa memberikan manfaat positif untuk orang lain dan lingkungan sekitar. Asalkan kamu memilikigadgetdan internet maka dengan mudah akses terhadap pasar saham atau situs tempat Anda menginvestasikan uang dapat dibuka.

Karena jika diasumsikan bisnis tersebut mengalami kegagalan, nantinya masih ada waktu lain untuk mencoba. Dengan hati yang ringan, nantinya tubuh Anda juga akan semakin ringan jika diajak untuk bekerjasama mencari penghasilan lain ketika masih muda. Mereka bisa saja mengalami kebutuhan mendesak terkait keuangan, dan tidak punya cadangan penghasilan sama sekali.

Setiap bisnis sukses tidak lepas dengan CSR (Corporate Social Responsibility/tanggung jawab sosial perusahaan). Ajarkan kepada anak bagaimana berperilaku dan berkomunikasi langsung dengan orang-orang di sekitar. Jika anak mempunyai hasil karya seperti lukisan dan kerajinan tangan, coba kumpulkan dan pamerkan. Bagaimana cara mendidik anak agar menjadi pengusaha sukses saat dewasa?

Membangun suatu hubungan dengan pengusaha lain agar tercipta jaringan yang dapat membatu antara satu dan lainnya adalah merupakan langkah penting yang harus kita jalankan dalam berbisnis. Akan dibutuhkan kedekatan dalam membina jaringan ini agar bisa terus bekerja sama dengan saling menguntungkan juga saling memberikan solusi saat situasi pelik. Sebelum aktif menjadi reseller, para siswa sebelumnya mengikuti pelatihan dan pendampingan yang dilakukan langsung oleh para pelaku usaha melalui kelas “Inspirasi”, “Pengetahunan” dan “Keterampilan”. Pelayanan yang ramah dan memuaskan tentunya akan membuat pelanggan betah untuk kembali membeli produk yang dibutuhkan, selain itu kepuasan pelanggan juga sangat tergantung erat dengan kualitas yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *