Menjamurnya Usaha Kost

Bisnis rumah kost akan memberikan prospek yang cerah dalam hal keuntungan. Namun bentuk pengelolaan serta perawatan yang dilakukan juga perlu diperhatikan. Karena biasanya rumah kost yang pemiliknya hanya mencari keuntungan saja pasti akan ditinggalkan penyewanya. Sama seperti bisnis properti lainnya, mendirikan kost-kostan merupakan salah satu usaha yang menjanjikan.

Usaha kost-kostan

Pemilik kost sebaiknya mengikuti perkembangan zaman atau teknologi saat ini untuk mempermudah penyewa dan pemilik. Misalnya, pembayaran tidak harus dilakukan denga cara money, tetapi bisa dilakukan dengan transfer Internet Banking. Untuk memperlancar komunikasi dengan si penyewa gunakan aplikasi Whatsapp atau Line dengan para penyewa untuk menerima keluhan dan saran perbaikan fasilitas. Berbeda dengan rumah kontrakan yang mana uang sewa sudah dibayarkan selama setahun penuh, sedangkan pada kost-kotsan pembayaran tagihan sewa dilakukan setiap bulannya.

al ini tentunya akan jadi “PR” untuk pemberi sewa karena harus menagih dan mengecek pembayaran tiap penyewa satu per satu. Sebagai pemilik kos, kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan menyediakan jasa yang banyak dibutuhkan tersebut. Harga rumah masih cukup tinggi, sementara pemutusan kerja yang semakin masif, membuat tak sedikit orang, terutama yang sudah berkeluarga, memilih menunda untuk membeli rumah. Berbeda dengan sistem sewa rumah lainnya yang dibayar berkala, uang sewa kontrakan biasanya dibayarkan di muka.

Penyanyi Dangdut, Cita Citata juga termasuk juragan kos kosan yang sukses. Dara cantik ini memang memilih untuk menginvestasikan penghasilannya pada bisnis ini. Kini Cita Citata sudah memiliki eleven pintu kos kosan di Tasikmalaya, Jawa Barat. Arief Muhammad menjadi salah satu influencer yang juga kondang di Indonesia. Penghasilannya yang tidak sedikit diinvestasikan pada bisnis kos kosan.

Faktor yang memengaruhi harga kamar kost yaitu lokasi serta fasilitas kamar yang diberikan. Lokasi kost yang dekat dengan akses jalan raya, ataupun dengan sekolah, kampus, perkantoran, dan pusat perbelanjaan biasanya lebih mahal daripada kost yang aksesnya terbatas. Sedangkan untuk fasilitas kamar kost biasanya variatif, ada yang menyewakan kamar tanpa furniture hingga lengkap dengan berbagai furnishings dan elektronik. Harga kost juga bervariasi tergantung harga sewa tanah saat itu.

Selain tempat kost, bisnis kontrakan di Jakarta juga memiliki prospek jangka panjang yang cukup menjanjikan. Bagaimana dengan sistem pembayaran menggunakan jasa bangun rumah kost Mitrarenov? Tentu saja semua itu harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di jasa bangun rumah kost Mitrarenov. Nah, sebelum anda memutuskan untuk menggunakan jasa bangun rumah kost, alangkah baiknya jika anda menganalisa dulu hal-hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membangun rumah kost. Ada beberapa hal penting seperti lahan yang anda perlukan, bentuk bangunan rumah kost seperti minimalis bertingkat hingga pendapatan yang anda inginkan per bulan. Namun, umumnya semua pemilik usaha kos-kosan yang memiliki jumlah kamar lebih dari 10, wajib memiliki beberapa izin ini.

Jika salah satu dari ketiga hal tersebut tutup atau berpindah ke tempat lain, bisa saja kos menjadi sepi. Untuk itu, perlu melakukan riset sebelum memulai bisnis kos minimal tahun ke depan. Atau mungkin juga karena kurangnya perawatan sehingga rumah kos terlihat tidak menarik sehingga penghuni perlahan mulai meninggalkan untuk menyewa kos lain di sekitarnya. Hal ini untuk memastikan semua peraturan-peraturan yang telah dibuat berjalan dengan baik, dengan harapan kos tetap bersih dan rapi atau penghuni tidak asal merubah isi bangunan dan inside di dalamnya. Harga properti tidak terlalu dipengaruhi oleh kondisi perekonomian negara, meski perekonomian tengah lesu tetapi harga properti akan tetap stabil. Kestabilan yang ditawarkan inilah yang membuat pebisnis kos-kosan bisa tidur nyenyak meski perekonomian tengah turun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *