Mengenal Kandungan Asi, Ini 9 Cara Meningkatkan Kualitasnya

Dengan makan yang bergizi dan seimbang, maka ASI juga mengandung semua yang dibutuhkan bayi dalam tumbuh kembangnya. Karena pada dasarnya makanan yang bergizi lebih lengkap isi dan kandungannya daripada susu formulation untuk bayi dan untuk ibu menyusui. Dan ekstrak dari makanan dan minuman yang dimasukkan dalam susu, belum tentu menghasilkan khasiat seoptimal makan langsung bahan alaminya. Selama masa laktasi, semua nutrisi dari ibu akan diserap oleh bayi.

Selain itu, asupan beta karoten, vitamin A dan zat antioksidan lainnya akan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Pada umumnya selama proses menyusui seorang wanita membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang banyak dan berlimpah dari aneka jenis makanan yang sehat. Tentunya, dengan menjalani puasa maka kegiatan mengasup makanan dan nutrisi kedalam tubuh ini bisa mungkin terkendala.

Cara mendapatkan ASI berkualitas

Fusion Mediamengingatkan Anda bahwa knowledge di dalam situs net ini tidak selalu real-time atau akurat. Mitra Keluarga Gading Serpong dilengkapi dengan instalasi farmasi yang buka 24 jam, untuk melayani kebutuhan obat pasien rawat inap dan pasien rawat jalan di Mitra Keluarga Gading Serpong. Didukung oleh tenaga farmasi yang terlatih dan berpengalaman. “Dengan pengecekan kesehatan langsung ke rumah-rumah seperti ini, kondisi kesehatan warga khususnya para lansia bisa terkontrol.

Sama halnya masa kehamilan, ibu menyusui juga perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Bukan tanpa alasan, hal ini bertujuan agar si kecil mendapatkan ASI yang berkualitas. Dengan memberikan ASI berkualitas, nantinya tidak hanya membuat bayi sehat, namun cerdas.

Keduanya merupakan bahan utama pembentuk asam lemak rantai panjang, seperti asam dokosaheksanoik dan asam arakidonat . Kandungan asam lemak esensial yaitu asam linoleat dan asam alfa-linolenat. Protein whey yang cukup banyak di dalam air susu ibu juga ternyata mengandung faktor anti-infeksi sehingga dapat mencegah bayi terserang infeksi. Foremilk merupakan jenis air susu ibu yang biasanya keluar di awal-awal menyusui. Kandungan lemaknya yang cukup sedikit membuat tekstur foremilk cenderung encer.

Sebenarnya tidak ada makanan khusus untuk menambah produksi ASI. Namun agar ASI cukup untuk bayi dan tubuh ibu menyusui tidak mudah lemas, nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral harus dipenuhi. Dalam web site Ikatan Dokter Anak Indonesia menyebutkan jika ibu menyusui membutuhkan zat gizi mikro untuk membantu produksi ASI. Zat gizi mikro merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit tapi penting untuk pembentukan hormon, enzim, dan mengatur sistem imun tubuh, dan sistem reproduksi.

Jika menyusui, susu yang sarat dengan kalsium dapat membantu perkembangan tulang bayi. Saat menyusui, Moms juga perlu menjaga asupan nutrisi guna menghasilkan air susu ibu alias ASI yang berkualitas untuk buah hati Anda. Klikdokter.com, Jakarta Air susu ibu alias ASI mengandung sejumlah zat gizi serta antibodi yang penting untuk tumbuh kembang bayi. Itulah sebabnya ASI sering disebut sebagai makanan terbaik bagi bayi. Para pakar kesehatan bahkan menganjurkan agar setiap ibu mampu menyusui bayi secara eksklusif selama enam bulan pertama, dan dilanjutkan hingga si Kecil berusia dua tahun.