Makanan Sehat Ibu Hamil

Jika anda tidak sempat mengolah makanan yang mengandung karbohidrat, oatmeal bisa anda jadikan sebagai salah satu alternatif. Anda bisa mengkonsumsinya langsung atau juga mengolahnya dalam bentuk jus. Jika anda mengolahnya jadi jus, usahakan jangan terlalu banyak air dan juga hindari menggunakan gula. Karena gula tidak baik bagi kadar gula darah ibu hamil dan juga dapat merusak lapisan gigi. Jika anda terbiasa mengkonsumsi jus dengan gula, memang hal ini terasa sedikit sulit awalnya. Namun jika anda sudah terbiasa, jus tanpa gula jauh lebih nikmat dibanding menggunakan gula.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Sel-sel saraf janin akan terbentuk dengan maksimal ketika sang Mama mengonsumsi makanan yang kaya protein seperti yoghurt. Asam lemak omega-3 di dalam ikan salmon juga mengandung DHA dan EPA, yang juga sangat baik untuk pertumbuhan otak janin. Sebelum mengonsumsi ikan salmon, pastikan sudah dimasak hingga matang ya, Moms. DHA, asam lemak esensial, sangat penting untuk perkembangan otak bayi yang sehat. Sementara itu makanan sehat untuk ibu hamil yang kaya vitamin C, yaitu jambu biji, kiwi, brokoli, kubis, buah sitrus , tomat, dan kacang polong. Asupan makanan yang Moms konsumsi penting untuk perkembangan bayi dalam kandungan.

Selain itu buah buahan juga sangat efektif untuk mencegah konstipasi dan juga menjaga pencernaan si ibu tetap sehat. Jenis buah buahan yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil seperti buah jeruk, apel, alpukat, melon, mangga, stroberi, pisang, kiwi, dan buah lainnya. Makanan ini sangat dianjurkan dikonsumsi selama kehamilan untuk mendukung pertumbuhan otak dan mata janin. Kandungan merkuri dalam ikan salmon pun relatif lebih rendah dibandingkan jenis ikan lain. Tapi, sebaiknya ibu hamil tetap membatasi konsumsi salmon paling banyak sekali seminggu.

Nutrisi yang dikandung oatmeal ini juga baik untuk perkembangan bayi. Untuk brokoli sendiri terdapat kandungan mulai dari vitamin A, C, K, B6, kalsium, folat, serat hingga antioksidan. Banyaknya nutrisi di dalam brokoli menjadikan sayuran ini disukai oleh janin. Daging sapi dan ayam termasuk sumber protein berkualitas tinggi yang mampu menjaga kesehatan jantung janin agar dapat tumbuh dengan sempurna. Janin akan merasa bahagia jika sang Mama mengonsumsi salmon karena dapat memberikan sumber energi, protein dan vitamin. Edamame bisa dipilih sebagai camilan sehat yang bisa dikonsumsi sewaktu sedang santai.

Makanan yang terbuat dari susu juga mengandung vitamin D dan protein. Mengkonsumsi yogurt untuk camilan di sore hari atau minum susu di pagi hari dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu hamil dan menyusui. Ibu hamil perlu memastikan makanan yang dikonsumsi dapat memberikan nutrisi yang cukup bagi janin untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, serta bagi kesehatannya sendiri. Ya, untuk kehamilan yang sehat, Moms perlu mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, mencakup protein, karbohidrat, serat, cairan, vitamin dan mineral, serta lemak sehat yang tepat.

Usahakan ibu hamil mengkonsumsi susu satu gelas setiap harinya dan konsumsi juga produk olahan susu seperti yogurt tersebut. Saat ini sudah banyak beredar di pasaran produk susu khusus ibu hamil. Anda bisa mengkonsumsi susu tersebut beserta makanan untuk ibu hamil lainnya demi pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Beberapa wanita melaporkan alpukat membantu meringankan mual karena kandungan kalium dan magnesiumnya. Saat hamil, beberapa perempuan umumnya mengalami masalah pencernaan seperti wasir atau konstipasi . Untuk itu, anda disarankan banyak-banyak mengonsumsi kacang-kacangan. Selain mengandung serat yang baik untuk pencernaan, makanan sehat untuk ibu hamil ini juga diperkaya dengan zat kalsium, folat, zat besi, dan seng. Hal ini dikarenakan ikan salmon memiliki protein tinggi, sehingga dapat menjaga berat badan ibu hamil. Tak hanya itu, ikan salmon berperan penting karena dapat meningkatkan perkembangan otak janin.

Sebisa mungkin makanan yang dikonsumsi ibu saat hamil harus dibedakan dengan makanan sehari hari. Hindari minuman dingin karena dapat mengurangi kerja lambung yang akan mengakibatkan mual. “Konsumsi makanan bergizi ketika sahur dan berbuka untuk mencukupi kebutuhan janin dan menjaga kesehatan ibu saat berpuasa. Selain itu perlunya tambahan buah, sayur serta makan makanan yang mengandung protein .