Cegah Penyebaran Corona, Inilah Suggestions Tetap Produktif Bekerja Di Rumah

Tetapi bukan berarti saya merasa “Mari kita hentikan saja karena bekerja dari rumah itu sulit”. Jika bekerja dari rumah, tidak ada pemisah secara fisik antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Tetapi dalam penanganan virus COVID-19 kali ini, “setiap hari orang harus berada di rumah”, sehingga banyak yang mengatakan “Saya pikir sudah terbiasa untuk bekerja dari rumah. Karena walaupun sudah berpengalaman, mereka tetap butuh waktu hingga terbiasa. Saat anda bekerja dari rumah, tidak ada batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, sehingga sulit untuk mengganti suasana. Pekerjaan yang “ perlu bertatap muka” seperti sales, sulit untuk menerapkan kerja dari rumah.

Bekerja santai dari rumah

Penampilan yang baik menjadikan tamu atau consumer yang berkunjung merasa lebih nyaman ketika berinteraksi dengan resepsionis. Selain penampilan, meja tempat resepsionis di tempatkan juga harus rapi dan tertata rapi dan baik. Misalkan ada seorang tamu yang memaksa untuk bertemu dengan pihak perusahaan padahal tamu tersebut belum memiliki jadwal bertemu. Dalam kasus ini, resepsionis menjadi orang pertama yang menerima ocehan dan kekecewaan dari tamu tersebut.

Bikin emblem, layout materi promosi, bikin iklan, grafis buat t-shirt, hingga undangan yang keren bisa dilakukan seorang desainer grafis dari rumah. Sekarang, banyak banget perusahaan yang membutuhkan penulis konten untuk situs, weblog, atau media sosial mereka. Dari mulai produk susu, bank, perumahan, usaha journey, sampai industri kuliner pun membuka lowongan untuk penulis konten. Dulu, lowongan kerja untuk penulis lepas dan penulis konten hanya ada di media masa, baik cetak maupun digital. Sebagaimana semangatnya kamu dalam bekerja, tentu kamu bisa merasa lelah juga. Untuk itu setiap jamnya kamu bisa memberlakukan rasio bekerja-istirahat sesuai kebutuhan.

Ada juga arsitek yang bekerja di rumah, namun tetap ke lapangan untuk mengontrol bangunan yang dia kerjakan. Salah satu masalah yang bisa diatasi adalah masalah absensi saat WFH. Jika sebelumnya absensi mungkin dilakukan secara biasa atau manual, maka saat WFH perlu ada sistem absensi baru. Pekerja yang tidak berada di kantor tetap perlu diberi tugas secara terjadwal sehingga dapat bekerja sesuai deadline. Beruntungnya saat ini telah hadir Smartpresence yang bisa membantu perusahaan dalam mengatur absensi jadwal kerja karyawan. Jangan lupa untuk beristirahat secara teratur karena bekerja dari rumah bukan berarti kamu tidak dapat melakukan hal lainnya.

Salah satu langkah paling penting yang dapat diambil seorang manajer adalah menyusun cara bagi pekerja untuk saling berinteraksi secara sosial sambil bekerja dari jarak jauh. Misalnya saja, Anda dapat membuat jam after assembly yang lebih santai dimana setiap pekerja bisa “minum kopi bersama” secara online dari rumahnya masing-masing dengan video conference. Selain menurunkan stres, sesi ini dapat Anda gunakan untuk menjaga motivasi dan semangat pekerja. Kita memang harus terkoneksi dengan rekan kerja selama jam kerja.

Mungkin kalau di kantor, kamu masih bisa bercanda gurau dengan rekan kerja. Namun, saat bekerja dari rumah hal tersebut mungkin sulit didapatkan. Imbangi bekerja dari rumah dengan tetap rileks sembari menikmati beragam hiburan sejenak. Sebab, jika dipaksakan justru hanya akan membuatmu jadi kurang produktif.

Ada perusahaan yang membebaskan karyawannya untuk beraktivitas atau mungkin memiliki bisnis sampingan selain pekerjaan utamanya. Namun, sebelum memulai bisnis, Anda pastikan terlebih dulu kontrak atau aturan di perusahaan Anda agar tak menjadi persoalan di kemudian hari. Sejumlah suggestions berikut mungkin bisa membantu Anda yang sedang menimbang-nimbang untuk merintis bisnis sendiri di samping pekerjaan di kantor agar keduanya berjalan seimbang. Idealnya, lingkungan kerja yang baik adalah lingkungan yang dibersihkan setiap hari. Ada seseorang yang memastikan Anda bisa bekerja dengan nyaman di ruang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *