Catat! Pola Makan Sehat Untuk Ibu Hamil, Bantu Perkembangan Janin Juga Loh

Yang termasuk dalam makronutrien adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Sedangkan mikronutrien terdiri dari berbagai macam jenis vitamin dan mineral. Untuk zat besi atau iron, ibu hamil membutuhkan 27 miligram zat besi sehari, yang merupakan dua kali lipat dari jumlah yang dibutuhkan oleh wanita yang tidak hamil.

Oleh karena itu, penting bagi Bumil untuk mengenal jenis makanan sehat untuk ibu hamil agar asupan nutrisi tetap terjaga. Telur merupakan bahan makanan yang kaya akan berbagai kandungan bermanfaat. Semua kandungan tersebut membuat telur menjadi sajian yang penuh nutrisi untuk ibu hamil. Selain itu, telur juga mengandung kolin, yaitu nutrisi penting untuk kesehatan otak dan perkembangan janin. Namun, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi telur setengah matang karena berisiko membawa kuman yang dapat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Oleh sebab itu, Moms harus lebih memerhatikan makanan sehat untuk ibu hamil. Selama kehamilan, tambahan protein dan kalsium diperlukan ibu untuk memenuhi tumbuh kembang janin. Selain itu, telur memiliki jumlah kolin yang tinggi di dalamnya yang penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi yang belum lahir.

Sumber makanan yang tinggi zat besi antara lain daging dan sayur yang bewarna gelap. Penyerapan zat besi dalam tubuh dibantu oleh vitamin C dan akan terhambat dengan adanya zat tannin yang ada di dalam teh. Hindarilah minum teh pada saat mengkonsumsi sumber makanan yang tinggi zat besi.

Ikan merupakan sumber omega-3 dan asam lemak yang sangat baik yang dikenal dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Namun berhati-hatilah saat mengonsumsi ikan selama masa kehamilan karena tidak semua jenis ikan aman dikonsumsi. Konsultasikan dengan ahli gizi atau ginekolog Anda sebelum mengonsumsinya. Gizi seimbang di Indonesia divisualisasikan dalam bentuk Tumpeng Gizi Seimbang yang sesuai dengan budaya Indonesia. TGS dirancang untuk membantu setiap orang memilih makanan dengan jenis dan jumlah yang tepat sesuai dengan berbagai kebutuhan menurut usia , dan sesuai keadaan kesehatan .