7 Cara Mengatur Waktu Bagi Mahasiswa Agar Sukses!

Begitu juga sebaliknya, jangan biarkan prestasi kerja menurun karena kamu ngebut untuk memperoleh gelar sarjana. Bagi kamu yang akan kerja sambil kuliah harus pandai-pandai membagi waktu. Apalagi jika kamu kerja sambil kuliah di Jakarta, pikirkan waktu tempuh karena kemacetan akan membuat kamu ketinggalan mata kuliah. Kamu harus pintar-pintar membagi waktu agar kerjaan dan kuliahmu tidak berantakan. Jakarta – Berniat akan mengambil kuliah lagi untuk menunjang kariermu?

Ketika seseorang memutuskan untuk kuliah sambil kerja, terkadang terdapat risiko besar yang menghadang. Risikonya adalah ketika kita tidak mampu membagi waktu dengan baik. Dalam menjalani kerja sampingan mahasiswa ini, kamu harus konsisten membuat konten yang bisa menarik pengunjung datang ke akun media sosial atau platform lainnya yang kamu miliki. Nah, jumlah klik pengunjung ke laman kamu itulah yang kemudian akan dikonversi menjadi sejumlah uang.

Memang terkesan sepele, tapi sebetulnya dengan rajin membuat rencana setiap harinya dapat menjadikan semua pekerjaan kuliah dan kantor pun berjalan dengan lancar. Setelah bekerja di tempat yang fleksibel, hal yang perlu dilakukan adalah berdiskusi dengan atasan Anda. Bisa di mulai sewaktu Anda melakukan interview, beri tahu bahwa benar Anda ingin bekerja sambil kuliah sehingga kantor akan mengerti dengan keadaan Anda. Dengan cara ini, pekerjaan kantor dapat tetap dilaksanakan tanpa harus menghambat tugas dan jadwal kuliah Anda. Namun sebetulnya, kuliah sambil kerja dapat dilaksanakan dengan lancar dan efisien tergantung dari setiap orang yang menekuni itu.

Jadi Anda bisa mencukupi kebutuhan pribadi dengan uang sendiri tanpa harus bergantung dengan orangtua. Ketika sudah bekerja, Anda akan tahu seperti apa keadaan di dunia kerja. Anda juga akan mulai terbawa suasana di tempat kerja yang akan menuntut Anda untuk menjadi seorang yang profesional.

Namun, di sisi lain smartphone juga memberikan distraksi yang menyebabkan seseorang susah untuk konsentrasi. Time Management Skill adalah kemampuan untuk merencanakan dan mengontrol cara seseorang mengelola jam-jam hidupnya setiap hari secara efektif untuk mencapai tujuan mereka. Menentukan kegiatan yang paling penting dengan melihat berbagai aspek. Manajemen waktu yang baik disini adalah memilih kegiatan yang memang benar benar penting untuk kamu, korbankan salah satu kegiatan jika memang kedua kegiatan tersebut bersinggungan. Jangan ceroboh dalam mengambil keputusan, jika kegiatan yang bersinggungan adalah kegiatan tahunan dengan kegiatan rutinan bulanan atau mingguan lebih baik kamu memilih kegiatan tahunan.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Misalnya, nih, kamu bekerja dan berkuliah dari hari Senin hingga Jumat. Di Sabtu dan Minggu, kamu selalu diajak nongkrong, nih, sama teman-temanmu dan kamu mengiyakan semua tawaran nongkrongnya. Pada akhirnya, waktu Sabtu dan Minggumu hanya digunakan untuk nongkrong-nongkrong saja, padahal, pada waktu tersebut kamu bisa beristirahat, mengerjakan tugas dan bahkan bercengkrama dengan orang rumah.

Beberapa di antaranya dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain pemerintah, banyak juga lembaga swasta yang menawarkan program beasiswa dengan syarat-syarat tertentu. Sebelum mulai memutuskan untuk kerja sambil kuliah, lakukanlah financial checkup. Jika ini merupakan pengalaman kerja yang pertama, maksimalkan untuk mengungkapkan semua keterampilan Anda yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Dalam surat pengantar lamaran, jangan lupa memperkenalkan diri dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti, menjelaskan alasan Anda menginginkan pekerjaan itu, dan mengapa Anda cocok di posisi itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *