10 Makanan Yang Disukai Janin Dalam Kandungan

Untuk itu ibu hamil perlu menghindari beberapa makanan berikut ini demi mencegah terjadinya hal hal yang tidak diinginkan. “Jangan lupa tetap minum susu khusus ibu hamil, hal ini untuk menjaga perkembangan janin dan mengurangi risiko anemia pada ibu hamil. Mengonsumsi vitamin yang didapat dari Dokter atau Bidan wajib tetap diminum,” jelasnya. Gandum utuh sangat kaya akan serat, vitamin B, dan protein nabati yang dibutuhkan ibu hamil, terutama untuk menambah tenaga di trimester kedua dan ketiga. Ikan juga merupakan sumber gizi yang baik, namun beberapa rekomendasi menyarankan tidak mengkonsumsi ikan berminyak lebih dari 2 porsi per minggu seperti mackarel, salmon dan sarden. Batasi juga konsumsi ikan tuna, todak, hiu dan beberapa jenis kerang dikarenakan kemungkinan paparan merkuri yang dapat menyebabkan gangguan persarafan pada janin.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Kandungan protein dibutuhkan untuk pembentukan otot, struktur tulang, enzim-enzim, dan sistem imun. Daging sapi memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu menurunkan risiko kelahiran prematur dan membantu pembentukan hemoglobin. Wanita hamil membutuhkan tambahan asupan protein sebanyak 20 gram, 300 kalori untuk ekstra energi, serta sejumlah vitamin dan mineral tertentu .

Jika anda sibuk bekerja dan tidak sempat menyiapkan makanan sehat untuk sarapan, maka oatmeal bisa anda jadikan alternatif pengganti sarapan anda. Oatmeal akan memberikan energi instan untuk anda menjalani hari hari. Untuk kesehatan selama masa kehamilan, Krieger menyarankan para wanita hamil agar mengonsumsi tiga hingga empat produk susu setiap hari, seperti yogurt dan keju. Produk susu mengandung nutrisi penting yakni, kalsium, protein, dan vitamin D. Supaya janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, ibu hamil memerlukan asupan protein dan kalsium yang cukup. Namun jika ibu hamil memiliki intoleransi laktosa, gantilah produk susu hewani dengan susu nabati seperti susu kedelai atau susu kacang almond.

Protein punya peranan penting dalam membantu proses pembentukan jaringan tubuh pada ibu dan bayi selama masa kehamilan. Tidak hanya itu, protein bisa membantu ibu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga ibu hamil tidak mudah mengalami sakit. Selama hamil, perbanyaklah mengonsumsi aneka sayuran berwarna hijau seperti brokoli, kangkung, atau bayam. Sayuran hijau kaya vitamin C, K, dan A, serta mengandung kalsium, folat, dan kalsium yang baik untuk ibu hamil. Pisang kaya akan kandungan vitamin C, kalium, vitamin B6, dan serat. Kandungan serat pada pisang dapat membantu mengatasi sembelit terkait kehamilan.

Mengatur makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan sangatlah penting karena saat itu janin baru mulai tumbuh dan memerlukan berbagai vitamin dan mineral supaya bisa berkembang dengan baik. Usahakan makanan yang Anda makan tergolong sehat untuk ibu hamil dan dapat memenuhi semua kebutuhan gizi di masa kehamilan. Sementara DHA penting untuk perkembangan otak dan mata bayi hingga protein yang menyediakan energi bagi tubuh ibu. Daging sapi dan daging ayam merupakan sumber protein yang masuk ke dalam makanan sehat dan bagus untuk ibu hamil. Selain itu, kandungan asam folat pada brokoli juga bermanfaat dalam melindungi bayi dari kelainan tulang belakang dan cacat tabung syaraf. Mengonsumsi semangkuk oatmeal untuk sarapan di pagi hari akan memberikan energi ektra, apalagi saat anda sedang merasa lelah atau mual-mual.

Daging kaya akan zat besi, kolin, dan vitamin B lain yang merupakan nutrisi baik bagi ibu hamil. Makanan yang baik untuk ibu hamil ini dapat berbentuk kacang polong, buncis, kedelai, kacang panjang, lentil, maupun kacang tanah. Polong-polongan merupakan sumber makanan yang kaya akan serat, protein, zat besi, folat , dan kalsium.

Mengingat segala asupan dapat memengaruhi kesehatan serta tumbuh kembang janin. Untuk makanan kaya asam folat, Moms bisa mencoba di hamil 7 bulan ini yaitu sayuran berdaun gelap, jeruk, havermut, roti gandum utuh, dan sereal. Penting untuk mengonsummsi makanan berikut dalam menu makanan sehat saat hamil tua. Sebagai makanan yang baik untuk ibu hamil yang direkomendasikan, Moms bisa mengonsumsi susu, yogurt, dan keju yang merupakan beberapa produk susu yang termasuk makanan sehat. Semua kandungan gizi dalam kacang-kacangan tersebut dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan, terutama selama trimester pertama.

Kandungan zink dan vitamin B pada daging juga sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh, serta membantu pembentukan sistem syaraf dan sel darah merah. Selain itu, daging juga mengandung zat besi sebagai mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah. Susu dan produk olahannya bisa membantu memenuhi kebutuhan protein dan kalsium untuk ibu hamil dan janin. Daun beluntas menjadi salah satu jenis sayur yang baik dikonsumai oleh ibu hamil.

Tinggalkan keinginan untuk mengonsumsi daging steak setengah matang. Meski nikmat, mengonsumsi daging yang belum matang bisa membahayakan kesehatan janin. Telur adalah salah satu bahan makanan yang murah dan mudah didapatkan, serta mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan yang baik untuk ibu hamil.

Bagi ibu hamil yang mengalami diare ataupun sembelit, minumlah air putih sebanyak eight – 10 gelas per hari. Menurut pedoman angka kecukupan gizi tahun 2013, ibu hamil harus meminum air putih sekitar 2,6 liter setiap hari. Anda dapat memulai tahap pertama dengan meningkatkan frekuensi makan namun porsinya sedikit-sedikit saja. Lagipula, Anda tidak bisa makan dalam porsi banyak seiring dengan perkembangan kehamilan Anda.