10 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Hal ini tentu membuat Anda harus mencari cara agar anak suka dengan sayur dan buah. Sementara snack sehat untuk kedua kalinya akan dimakan oleh anak pada sore hari sebelum anak makan malam. Camilan di sore hari biasanya dibutuhkan untuk membuatnya tetap fokus mengerjakan pekerjaan rumah, bermain, dan mengganjal perut sebelum tiba waktunya makan malam. Kalau si Kecil melihat orang dewasa menikmati sayur, ia akan ikut memiliki ketertarikan untuk melakukan hal serupa. Ambil sayur, lalu makanlah dengan lahap di depan anak hingga anak percaya kalau ia akan bisa menikmati sayur seperti ibunya.

Jadi, coba konsumsi alpukat sebagai makanan sekaligus vitamin penambah nafsu makan anak agar nafsu makan bayi tidak menurun. Salah satu caranya dengan tidak melewatkan sarapan yang sehat untuk menjaga metabolisme tubuh dan meningkatkan nafsu makan mereka. Sereal menjadi MPASI awal dan vitamin penambah nafsu makan anak yang baik untuk kesehatan tubuh Si Kecil. Selama pertumbuhan berat badansi Kecil berada dalam batas regular dan sesuai dengan usianya, Ibu tidak perlu khawatir. Namun, choosy eater bisa juga berdampak buruk pada kesehatannya. Tumbuh kembang balita dapat terganggu, meningkatkan risiko depresi, cemas, dan memburuknya hubungan orang tua dan anak.

Namun, Mama sebaiknya tidak memaksa si Kecil menghabiskan makanannya dengan memperpanjang waktu makan. Penjelasan dr. Nuvi Nusarintowati, Sp.A, dokter spesialis anak dari Awal Bros Evasari, waktu makan anak hanyalah 15 menit. Jika lebih dari itu, maka Mama sebaiknya menyudahi waktu makan. Bahan alami lain yang juga dapat meningkatkan nafsu makan ialah jahe. Biasanya salah satu faktor yang membuat anak enggan makan ialah rasa mual atau susah menelan. Kondisi ini sangat mungkin terjadi pada anak yang sedang sakit.

Cara agar anak mau makan

Selain itu, ramuan natural ini juga dapat meningkatkan enzim pencernaan, menghindarkan radang pada anak, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Moms, kapan waktu yang tepat untuk membiarkan anak makan sendiri? Faktanya, menyuapi anak terus-terusan bisa menghambat perkembangannya, lho!

Selain variasi bentuk penyajian, Anda juga bisa dengan cermat mencampurkan sayuran ke dalam makanan yang mereka sukai. Misal Anda bisa mencampurkan beberapa jenis sayur ke dalam adonan nugget ayam buatan Anda. Sayuran seperti wortel hingga brokoli bisa dicampurkan ke dalam adonan nugget sehingga si kecil tidak menyadari bahwa mereka mengkonsumsi sayur dalam makanannya. Chef Devina Hermawan mengatakan agar anak tak mogok makan, nugget bisa di kreasikan dengan cara lain.

Sehingga Bunda pun takut dia akan kelaparan, dan tidak mendapat gizi yang cukup untuk pertumbuhannya. Jika makan sudah menjadi trauma, anak rentan mengalami gangguan makan. Layaknya orang dewasa, saat anak stres, nafsu makan anak pun hilang. Cara lain yang bisa Anda coba untuk mengatasi anak yang susah makan adalah ceritakan ke anak tentang bagaimana Anda menikmati makanan tersebut.

Pastikan untuk mengenalkan buah-buahan dengan rasa yang segar dan manis terlebih dahulu seperti semangka, pisang, atau pepaya. Bisa berupa sayuran hijau atau kuning untuk vitamin A seperti bayam, brokoli, labu, atau wortel. Bahkan, jika diberikan pada anak sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Sajikan buah dengan potongan unik agar bisa menarik perhatian anak. Ahli Gizi Dr Ir Sri Anna Marliyati, MSi, mengatakan, pentingnya orangtua kreatif dalam membuat kreasi menu masakan sehat setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *